Selasa, 29 Oktober 2013

José Mário dos Santos Mourinho Félix(Jose Mourinho)



Pemuda yang tidak qualified untuk menjadi pemain sepak bola


Tidak banyak anak pencinta sepak bola, yang seberuntung dirinya. Ia mempunyai ayah seorang goal keeper pada sebuah klub di Portugal yang kemudian menjadi pelatih sepak bola.
Pemuda kelahiran kota kecil Setubal ini dikenal populer dan sangat kompetitif. Ibunya sangat mendukung kegiatannya.
Sepak bola adalah kegiatan yang paling disukainya sejak kecil. Ayahnya sangat terpukau dengan pengetahuannya tentang sepak bola.
Untuk mengikuti jejak sang ayah, ketika remaja, pemuda kelahiran 26 Januari 1963 ini, masuk ke tim sepak bola yang dilatih oleh ayahnya.
Akan tetapi nasib tidak berpihak padanya, setelah melalui berbagai latihan dan kerja keras, ia dinyatakan tidak akan mampu menjadi pemain sepak bola profesional. Kecepatan dan kekuatannya tidak memenuhi standar minimal seorang pesepak bola profesional.
Meskipun begitu, ia tetap ingin mengejar impiannya sebagai pemain sepak bola, tapi kali ini ibunya tidak mendukung. Sang ibu memintanya untuk kiliah di bidang ekonomi.
Pemuda ini mencoba mengikuti keinginan orang tua dan akhirnya masuk kuliah di bidang ekonomi. Akan tetapi, hanya sehari ia menyatakan keluar dari kuliah dan tidak mau melanjutkannya lagi.
Ia tidak qualified menjadi pesepak bola, ia juga tidak mau menjadi ekonom atau bidang yang tidak terhubung dengan bola.
Apakah ia harus meninggalkan impian menjadi pemain sepak bola?
Pemuda ini akhirnya memilih untuk kuliah di bidang olah raga. Ia sadar, tidak mungkin bisa jadi atlet profesional, tapi ia melihat peluang lain untuk tetap bisa bekerja yang berhubungan dengan sepak bola sekalipun bukan menjadi pemain sepak bola.
 Ia mengambil sertifikasi pelatih. Ia memulai karir sebagai penerjemah, lalu meningkat menjadi asisten pelatih, pelatih tim Junior sampai akhirnya meningkat menjadi pelatih divisi utama.
Pemuda ini adalah Jose Mourinho, the Special One, the Only One dan the Happy One. Salah satu pelatih sepak bola yang dikenal luas sebagai pelatih juara. Tim yang ditanganinya selalu berhasil mendapat tropi.
Ketika melatih FC Porto, klub tersebut berhasil memenangkan Portuguese Championships 2 kali, Cup of Portugal, Super Cup Candido de Oliveira, dan bahkan meraih tropi Champions League 2004 dan UEFA Cup 2003. Padahal sebelumnya FC Porto bukan klub yang diperhitungkan.
Ketika melatih Chelsea, tim sepak bola kaya yang mulai redup, tiba-tiba tim tersebut kembali bersinar menjuarai Liga Inggris 2 kali berturut-turut 2005 dan 2006, FA Cup 2007, FA Community Shield 2005 dan Carling Cup 2005, 2007.
Lalu ia pindah ke Inter milan, belum genap setahun, klub tersebut memperoleh Supercoppa Italiana 2008 dan selang 2 tahun ia membawa Inter Milan sebagai klub Itali pertama pemegang Treble winner, Coppa Italia, Liga Seria A dan Liga Champion.
Kemudian ia hijrah ke Spanyol pada 27 Mei 2010. Mou memberi persembahan piala Copa del Rey 2011 dan piala La Liga 2012, sejak saat itu Mou disebut sebagai pelatih pertama yang mampu meraih piala domestik di 4 negara berbeda (Portugal, Inggris, Italia, Spanyol). Sampai akhirnya ia di panggil lagi untuk melatih Chelsea di musim 2013/2014 untuk membangun kerajaan baru setelah kepergian Fergie dari MU.
Nama lengkap José Mário dos Santos Mourinho Félix
Tanggal lahir 26 Januari 1963 (umur 50)
Tempat lahir Setúbal, Portugal
Tinggi 1.75 m (5 ft 9 in)[1]
Informasi klub
Klub saat ini Chelsea (pelatih)
Kepelatihan
Tahun Tim

2000
2001–2002
2002–2004
2004–2007
2008–2010
2010–2013
2013–
Benfica
Uniao de Leiria
Porto
Chelsea
Inter Milan
Real Madrid
Chelsea





Tidak ada komentar:

Posting Komentar