Sabtu, 30 April 2016

PENGOLAHAN LIMBAH

PT. KERTAS BLABAK BERGERAK DI BIDANG PENGOLAHAN LIMBAH KERTAS

A.    Daur Ulang Sampah
Volume sampah setiap hari semakin banyak seiring dengan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi masyarakat, pertumbuhan ekonomi, perubahan pendapatan, dan industrialisasi yang menyebabkan tingginya jumlah timbulan sampah dan menghasilkan sampah dengan jenis yang beragam (Narayana, 2009). Salah satu jenis sampah tersebut adalah sampah kemasan yang berbahaya dana tau sulit diurai oleh proses alam seperti kaleng besi, kaleng almunium, kemasan plastic, kemasan kertas, dan kemasan kertas almunium.
Daur ulang adalah salah satu strategi pengolahan samapah padat yang terdiri atas kegiatan pemilihan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian, dan pembuatan produk/material bekas pakai serta komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace).
Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi volume sampah, empat (4R) prinsip yang dapat digunakan dalam menangani masalah sampah anatara lain sebagai berikut:
1.      Reduce (mengurangi), upaya meminimalisasi barang atau material yang kita pergunakan.
2.      2. Reuse (Menggunakan Kembali), pilih barang yang bias dipakai kembali, hindari pemakaian barang yang sekali pakai.
3.      Recycle (Mendaur ulang), barang yang sudah tidak berguna lagi bias didaur ulang sehingga bermanfaat serta memiliki nilai tambah. Tidak semua barang bias didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industry formal dan industry rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang yang bermanfaat dan memilliki nilai ekonomis.
4.      Replace (mengganti), mengganti barang yang hanya bias dipakai sekaili dengan barang yang lebih tahan lama. Selain itu menggunakan barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya mengganti kantong plastic dengan keranjang belanja.

B.     Profil Perusahaan
Perusahaan PT. Kertas Blabak, bergerak dibidang Industri kertas, yang memproduksi bermacam-macam kertas, sebagian besar kertas industry, dan sebagian kertas budaya. Jenis Kertas yang diproduksi mulai kertas tipis (70 gram/m2) sampai dengan kertas tebal (400 gram/m2). Pemasaran produknya meliputi berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan potensi untuk pasar ekspor masih sangat terbuka.
Saat ini, bahan baku utama yang dipergunakan PT. Kertas Blabak adalah kertas bekas (waste paper) yang berasal dari lokal, dari daerah Magelang, Jogja, Solo, Semarang, Tegal, Purwokerto dan sekitarnya. Kebutuhan bahan baku kertas bekas juga bisa dipenuhi dari import. PT. Kertas Blabak telah mempunyai perijinan untuk mendatangkan bahan baku kertas bekas dari import tersebut, dengan melalui pelabuhan di Semarang maupun Surabaya.
Jenis bahan baku (kertas bekas) yang dipakai antara lain: Mixed Waste, Karton Box, Duplex, Koran Bekas, CD, HVS Selektif, Buku Tulis Bekas, Arsip HVS dll.

C.    Tahapan Proses Daur Ulang

Tahapan utama dan proses daur ulang sederhana dalam pembuatan pulp dan kertas adalah sebagai berikut:
1.  Pembuatan pulp pada Pulper
Pulp dicampur dalam tanki pencampuran dengan air menjadi shurry. Shurry kemudian dibersihkan lebih lanjut dan dikirimkan ke mesin kertas. Bahan baku dimasukkan kedalam PULPER untuk defiberization dan mempercepat beating serta fibrillation dikarenakan pemekaran serat.
2.      Cleaner
Proses pemutihan untuk tiper pulp Kraft dilakukan dalam beberapa Menara pulp dicampur dengan berbagai bahan kimia, kemudian bahan kimia diambil kembali dan pulp dicuci.
3.      Pemurnian
pulp dilewatkan plat yang berputar pada alat pemurnian bentuk disk. Pada roses mekanis ii terjadi penguraian serat pada dinding selnya, sehingga serat menjadi lebih lentur tingkat pemurnian pada proses ini mempengaruhi kualitas kertas yang dihasilkan.
4.      Pembentukan
Proses selanjutnya dengan proses sizing dan pewarnaan untuk menghasilkan spesifikasi kertas yang diinginkan. Sizing dilakukan untuk meningkatkan kehalusan permukaan kertas, pada saat pewarnaan dilakukan pigmen, pewarna, dan bahan pengisi. Proses dilanjutkan dengan pembentukan lembar kertas yang dimulai ada headox, dimana serat basah ditebarkan pada saringan berjalan.
5.      Pengepresan
Lembaran kertas kering dihasilkan dengan cara mengepres lembaran diantara silinder pada calendar stack.
6.      Pengeringan
Sebagian besar air yang terkandung didalam lembar kertas dikeringkan dengan melewatkan lembaran pda silinder yang berpemanas uap air.
7.      Calendar Stack
Tahap akhir dari proses pembuatan kerts dilakukan pada calendar stack, yang terdiri dari beberapa pasang silinder dengan jarak tertentu untuk mengntor ketebalan dan kehalusan hasil akhir kertas.
8.      Pope Reel
Bagian ini merupakan tahap akhir dari proses pembuatan kertas yaitu pemotongan kertas dari gulungannya. Pada bagian ini, kertas yang digulung besar, dibelah pada ketebalan yang diinginkan dipotong menjadi lembaran, dirapikan kemudian dikemas.

Sumber :

http://kertasblabak.blogspot.co.id/p/informasi-usaha-dan-kegiatan-pt-kertas.html

1 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller, Boiler,STP, wwtp, dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    BalasHapus